Tuesday 25 September 2018

FAKTA DAN MITOS UMUM TENTANG WANITA HAMIL




1. Tidak boleh minum kopi selama masa kehamilan
Sebenarnya wanita hamil masih boleh minum kopi, asalkan tidak lebih dari 200 mg atau setara dua cangkir sehari. Jika sebelum hamil sudah biasa minum kopi lebih dari dua cangkir sehari, maka pada saat hamil Anda harus beralih pada minuman jenis lain lebih menyehatkan, misalnya air putih dan jus buah segar.
2. Wanita hamil tidak boleh mandi air panas saat kehamilan
Fakta yang satu ini memang benar, selama wanita hamil sebaiknya hindari mandi di sauna, karena ini dapat menyebabkan suhu tubuh wanita hamil meningkat hingga 38-39 derajad Celcius. Suhu panas yang menyengat dari sauna dapat mengurangi cairan tubuh dan tekanan darah pada wanita hamil, dan kondisi ini akan mengakibatkan wanita hamil menjadi mudah pingsan dan terserang sakit kepala yang dapat mengganggu aliran darah pada janinnya.
3. Semakin besar bayi semakin bagus
Ini adalah kesalahan, karena bayi yang ukurannya besar akan sulit pada waktu proses persalinan terjadi. Bayi yang memiliki berat lebih dari 2,5-3,5/4 kg akan beresiko terkena penyakit obesitas dan diabetes ketika dewasa nanti. Dan bayi yang besar juga akan beresiko mengalami gangguan pernapasan atau sesak napas, apalagi kalau bayi lahir pada usia kehamilan kurang dari 37 minggu.
4. Dilarang makan sushi
Boleh-boleh saja wanita hamil makan sushi, yang tidak boleh adalah kalau wanita hamil makan makanan khas negara Jepang yang terbuat dari; ikan hiu, ikan sarden, tilefish, serta ikan pedang. Perlu Anda ingat, wanita hamil dilarang terlalu banyak makan ikan tuna.
5. Wanita hamil tidak boleh memegang jempol
Ini adalah salah besar, karena wanita hamil kalau memegang jempol tidak memiliki pengaruh apa-apa bagi kesehatan janin.
6. Wanita hamil dilarang mendekati kucing   
Di daerah tertentu ada yang memiliki kepercayaan bahwa seorang wanita yang sedang hamil dilarang untuk mendekati kucing. Sebenarnya memegang dan membelai kucing itu tidak masalah bagi wanita hamil. Yang dilarang adalah membersihkan kadang atau tempat tinggal kucing, karena ini akan menyebabkan terkena toxoplasmosis yang ada di kotoran kucing.
7. Wanita yang sedang hamil muda tidak boleh naik pesawat
Naik pesawat saat wanita hamil muda tidaklah menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah apabila yang naik pesawat adalah wanita yang sedang hamil tua. hal ini dilarang karena takutnya wanita yang sedang hamil tua itu melahirkan sebelum pesawat mendarat, atau mungkin malah melahirkan di atas pesawat.
8. Minyak kelapa dapat mencegah stretch marks
Fakta ini adalah salah, karena minyak kelapa justru malah membuat kulit wanita hamil menjadi lebih sensitif, dan bahkan dapat menyebabkan wanita hamil mengalami alergi yang parah.
9. Wanita hamil dilarang mewarnai rambut
Zat kimia yang terkandung dalam pewarna rambut yang diserap kulit kepala sangatlah sedikit, jadi kemungkinan obat tersebut untuk sampai ke janin juga sangatlah kecil resikonya. Jadi mewarnai dan mengkriting rambut adalah aman dilakukan oleh wanita hamil.
10. Jalan kaki setiap hari bisa mempercepat kelahiran
Jalan kaki selama 30 menit di pagi hari, memang menyehatkan dan tentunya sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil untuk melakukan aktivitas tersebut. Akan tetapi, pada dasarnya jalan kaki setiap pagi dan aktivitas lainnya tidak akan dapat mempercepat proses kelahiran.

Demikianlah beberapa mitos seputar kehamilan serta fakta wanita hamil yang sudah Anda ketahui. Semoga dapat menghilangkan perasaan takut Anda yang berlebihan terkait mitos yang berkembang tentang kehamilan. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Penyakit batu hempedu; SIAPA yang berisiko ?

SIAPA YANG BERISIKO TINGGI? . Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pembentukan batu hempedu antaranya 👉 Jantina; wanita lebih ...